Tuesday, 19 August 2014

Keyboard Event pada Game Maker

Tutorial kali ini akan membahasan Keyboard Event dalam Game Maker.

Pemberian Keyboard Event akan menciptakan sebuah game yang interaktif, dimana user akan menggerakan objek menggunakan tombol keyboard.

Disaat User menekan tombol , Keyboard Event akan aktif pada semua Instance dan juga objectnya. Tidak hanya satu tombol yang dapat dijadikan Event, namun semua tombol keyboard dapat dijadikan sebagai Event, kita dapat memilih tombol yang dimaksud pada menu yang muncul saat kita ingin membuat Keyboard Event. namun ada tombol khusus yang di jadikan sebagai Event pada Keyboard Event yaitu <No Key> dan <Any Key> , <No Key> akan aktif jika tidak ada tombol pada keyboard yang ditekan , sedangkan <Any Key> akan aktif jika ada salah satu tombol pada keyboard yang ditekan.Dari banyaknya Event pada Keyboard Event, Pengaktifan sebuah tombol keyboard tidak akan mengganggu Keyboard Event yang lain, dengan kata lain Event ini tidak dapat terganggu jika User menekan lebih dari satu tombol pada Keyboard . Dengan catatan untuk tombol pada numeric keypad hanya dapat melakukan hasil yang semestinya jika <NumLock> ditekan.

Setiap tombol mempunyai fungsi tersendiri, dan action yang akan kita berikan juga tergantung pada game yang kita ciptakan. Kali ini kita akan belajar cara menggerakkan Object dalam game maker dengan menggunakan Keyboard Event (Left, Right, Down dan Up). Dari jenis Eventnya, maka kita bisa simpulkan fungsi dari masing-masing jenis event tersebut dan apa yang akan kita lakukan pada Object kita nantinya.

Langsung aja kita buat latihan kita

  1. Buka Game Maker Studio sebagai editor dimana kita menciptakan sebuah game. (Kalau belum punya programnya, silahkan klik link untuk Menginstal dan mendownload Game Maker Studio)
  2. Buat dua buah sprite, beri nama spr_bola dan spr_wall. Gambarkan kedua sprite tersebut menggunakan Image Editor yang sudah disediakan oleh Game Maker Studio. Dengan ukuran file 32 x 32.
    .
  3. Setelah sprite selesai. Saatnya membuat object sekaligus membuat event dan action (Event dan Action bisa saja dibuat setelah room didesign). Klik kanan Object pilih create Object lalu buat nama objectnya jadi bola. Lakukan cara yang sama untuk membuat Object Wall, lalu beri nama Wall
  4. Selanjutnya, Klik Add Event pilih Keyboard kemudian klik left dan beri Action Jump to Position (-4,0)
  5. Klik lagi Add Event pilih Keyboard kemudian klik Right dan beri Action Jump to Position (4,0)
  6. Klik lagi Add Event pilih Keyboard kemudian klik Down dan beri Action Jump to Position (0,4) 
  7. Klik lagi Add Event pilih Keyboard kemudian klik Up dan beri Action Jump to Position (0,-4)
  8. Kemudian kita akan membuat action jika Object bola sudah tumbukan dengan wall. Klik Add Event pilih Collision Klik Wall dan beri Action Bounce Against Solid Object.
  9. Yang terakhir mendesign room untuk game maker Keyboard Event. Klik kanan pada room, pilih Create room
  10. Untuk file game dapat di download disini Keyboard Event dalam Game Maker - Editor
  11. Untuk tutorial bentuk video bisa di download dari link Keyboard Event dalam Game Maker - Video

No comments:

Post a Comment